• Sabtu, 13 Agustus 2022

Muhammad Farhan Gelar Turnamen Terbuka untuk Regenerasi Atlet akuatik Olimpiade 2032

- Rabu, 15 Juni 2022 | 15:54 WIB

KHATULISTIWAUPDATE.COM - Ribuan atlet akuatic dari 27 kabupaten kota se Jawa Barat ijut srrta dalam 'Bandung Open Swimming Tournament 2022' di stadion renang UPI Bandung Jawa Barat. Kejuaraan yang menghadirkan kelas usia sampai 17 tahun ini, jadi cara akurat untuk regenerasi atlet akuatik untuk Olimpiade 2030 - 2032.

Ketua Harian Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat, M Farhan menjelaskan, langkah regenerasi ini jadi cara terukur untuk mendapat atlet terbaik.

"Semua kelas, semua kelompok usia. Kalau Akuatik itu sebetulnya ada lima cabor khusus untuk renang, kelasnya banyak, kelas 1 sampai kelas 5, semua level. Jadi untuk bisa mendapatkan atlit elit tahun 2030 - 2032, ya mereka inilah," ujar Farhan di Stadion Renang UPI Bandung Jawa Barat, Rabu 15 Juni 2022.

Baca Juga: Polemik Penundaan Pemilu 2024 dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Sebagai Bentuk Pembangkangan Konsttusi

PRSI optimis atlet akuatik Jawa Barat yang masuk olimpiade semakin banyak. Farhan menilai, gelaran turnament secara rutin jadi salahsatu strategi jitu proses regenerasi. "Makanya sekarang kita bikin open tournament untuk perkumpulan seluruh Jawa Barat di kelompok usia dan ini adalah tournament pertama kelompok usia antar perkumpulan di Jawa Barat setelah masa pandemi," katanya.

Bahkan, dengan masa pandemi yang berlangsung dua tahun mengakibatkan kualitas skill berkurang. "Kaku sekali, karena selama dua tahun kita tidak bisa bikin tournament, terakhir kita bikin itu babak kualifikasi untuk PON, udah begitu udah, plong nggak ada lagi," terangnya.

Farhan menilai, strategi yang dilakukan merupakan pendekatan secara statistik. Dalam kejuaraan level Nasional maupun Internasional, ada beberapa cabang olahraga yang didahulukan untuk menang dalam rangka mengamankan perolehan 100 mendali pertama. "Nah, akuatik, taekwondo, dayung itu termasuk yang diutamakan untuk mendapatkan 100 mendali pertama emas," katanya.

Baca Juga: Gelar Student Festival, Madrasah Aliyah Nurul Ilmi Bangun Kerjasama dengan Pelaku UMKM

"Kalau bibit sekarang adalah sejak masuk kelompok usia 1-5, mereka itu harus dikasih turnament terus, tujuannya apa? supaya ada motivasi latihan, supaya mereka juga merasakan atmosfir kompetisi, atmosfir pertandingan," katanya.

Farhan menilai, ajang turnamen untuk regenerasi atlet terbaik harus dirutinkan. "Sejak 2020 belum ada tournament seperti ini lagi, kan turnament seperti ini ijinnya kalau dulu kan engga gampang,"

Halaman:

Editor: Arief Manunggal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dunia Trail Makin Digandrungi Kaum Hawa

Sabtu, 16 Juli 2022 | 13:57 WIB
X