• Selasa, 31 Januari 2023

Cetak Rekor Baru, PWI Jabar Selenggarakan UKW dengan Jumlah Terbanyak

- Jumat, 18 November 2022 | 11:05 WIB
Cetak Rekor Baru, PWI Jabar Selenggarakan UKW dengan Jumlah Terbanyak
Cetak Rekor Baru, PWI Jabar Selenggarakan UKW dengan Jumlah Terbanyak
Khatulistiwa, - Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mencetak rekor baru pada penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tiga angkatan dalam satu hari penyelenggaraan dengan total 100 orang. Jumlah ini terbanyak jika menilik penyelenggaraan UKW-UKW yang digelar pengurus PWI Provinsi di seluruh Indonesia.

Namun dari kuantitas itu yang dinyatakan lulus sebagai wartawan kompeten tembus di angka 92 persen. Rinciannya sebanyak 87 orang dan belum kompeten 8 orang.

Mereka berasal dari jenjang peserta UKW Muda 78 orang, Madya 10 orang dan Utama 7 orang. Peserta diuji oleh 18 orang penguji, yang merupakan wartawan senior yang yelah memiliki legalitas formal dan jam terbang tinggi di dunia wartawan.

Ketua PWI Provinsi Jawa Barat H Hilman Hidayat menjelaskan, pelaksanaan UKW saat ini diperuntukan bagi 100 orang jurnalis. Program ini akan berlanjut hingga 2023 dengan total keseluruhan sebanyak 1000 jurnalis.

Baca Juga: PKS Jabar Apresiasi Presiden Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada KH.Ahmad Sanusi

"UKW ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas seorang pewarta dalam menjalankan tugasnya dalam mencari dan menyampaikan berita yang berkualitas sesuai dengan UU Pers dan kode etik jurnalistik,"kata

Hilman pada acara pembukaan UKW yang berlangsung di Grand Asrilia Hotel Convention dan Restaurant, Jl. Pelajar Pejuang 45, No 123 Bandung.

Tak hanya itu, Hilman pun menyoroti persoalan urgen pers yang perlu mendapatkan perhatian bersama. Pertama indeks kemerdekaan pers, kedua kualitas wartawan dan ketiga kesejahteraan.

"Kalau indeks kemerdekaan pers Jabar berada diurutan kedua di tingkat nasional. Kalau kualitas wartawan saat ini tengah di jalani melalui UKW. Nah, kalau kesejahteran PR yang saat ini belum terselesaikan," ucap dia melalui siaran persnya, Kamis 17 November 2022.

Baca Juga: Momen Gerhana Bulan, Perhutani Bandung Utara Siapkan Harga Khusus Bagi Wisatawan

Kepala Dinas Kominfo Jabar Ika Mardiah menyatakan jika Pemprov Jabar sangat mendukung program ini, sebagai upaya dalam peningkatkan kapasitas SDM jurnalis melalui UKW.

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Sumber: Mas Bons Daren20

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Hari Ibu, PKS Jabar: Ibu adalah segalanya

Jumat, 23 Desember 2022 | 15:57 WIB
X