• Selasa, 31 Januari 2023

Ratusan Ekor Tukik Dilepasliarkan Mitra Kelompok Suaka Margasatwa Cikepuh Kabupaten Sukabumi

- Minggu, 6 November 2022 | 20:00 WIB
Duyeh Warsino bersama Kelompok Mitra Polhut Suaka Margasatwa Cikepuh lepas liarkan 105 ekor Tukik ke laut lepas (Duyeh Warsino )
Duyeh Warsino bersama Kelompok Mitra Polhut Suaka Margasatwa Cikepuh lepas liarkan 105 ekor Tukik ke laut lepas (Duyeh Warsino )

KHATULISTIWAUPDATE.COM - SUKABUMI. Mitra Kelompok Polhut Suaka Margasatwa/PAM Suakarsa lepas liarkan 105 ekor Tukik (anak penyu) di Blok Citirem Suaka Margasatwa Cikepuh, Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, pada hari Sabtu, 5 November 2022.

Perwakilan kelompok, Duyeh Warsino mengatakan, Penyu Hijau memiliki peran sangat penting dalam menjaga ekosistem laut yang sehat.

"Hari ini kami lepas liarkan 105 ekor Tukik atau anak penyu ke habitatnya di laut lepas. Semoga mereka akan berkembang, hidup dan tumbuh di laut yang sehat. Jika lautnya sehat akan menjadi habitat berjuta-juta ikan sebagai sumber ekonomi dan protein bagi manusia," ungkap Duyeh Warsino saat melaporkan, Minggu 7 November 2022.

Baca Juga: Dirut Perhutani Kunjungi Wan Wisata yang Berada di KPH Bandung Utara

Duyeh menuturkan, Penyu Hijau (Chelonia mydas) merupakan satwa langka yang dilindungi hukum nasional dan internasional.

"Kami terus berupaya menjaga dan melestarikan Penyu Hijau, karena dari banyaknya Tukik yang kita lepas, tidak semua akan mampu bertahan hidup. Hal ini akibat dari maraknya perburuan liar, juga rusaknya habitat mereka akibat ulah manusia seperti sampah," jelasnya.

Menurut Duyeh, Suaka Margasatwa Cikepuh adalah salah satu kawasan Konservasi yang merupakan lokasi potensial untuk pendaratan dan bertelurnya Penyu Hijau.

Baca Juga: Yuk ikuti Lomba Photography Wisata Katumiri Grandhill dan Menangin Hadiahnyaa!!

Kami kelompok masyarakat yang bekerja sama dengan petugas Polhut SM Cikepuh selalu berupaya mengamankan telur-telur Penyu ke tempat penetasan semi alami yang berada di SM Cikepuh agar terhindar dari predator atau perburuan liar.

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Hari Ibu, PKS Jabar: Ibu adalah segalanya

Jumat, 23 Desember 2022 | 15:57 WIB
X