• Selasa, 31 Januari 2023

Komisi IV DPR RI Dorong Pemerintah Perkuat Program Perhutanan Sosial

- Sabtu, 5 November 2022 | 07:52 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI akan terus mendorong pemerintah untuk  meningkatkan program Perhutanan Sosial, Giri Wening, Lembang Jumat 4 November 2022. (Uwo-)
Anggota Komisi IV DPR RI akan terus mendorong pemerintah untuk meningkatkan program Perhutanan Sosial, Giri Wening, Lembang Jumat 4 November 2022. (Uwo-)

KHATULISTIWAUPDATE.COM - LEMBANG. Anggota Komisi IV DPR RI Laksanakan Reses sekaligus bahas tentang Perhutanan Sosial di Wana Wisata Giri Wening, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat, 4 November 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Perhutani Divre Jabar Banten, Plt. Administratur KPH Bandung Utara besera jajaran, LMDH dan KUPS pengelola kawasan hutan di BKPH Lembang.

Ir. Panggah Susanto, M.M. anggota Komisi IV DPR RI mendukung bagaimana fungsi hutan yang dikelola masyarakat tidak berbenturan dengan fungsi ekonomi dan sosialnya dalam program Perhutanan Sosial (PS).

Baca Juga: Dirut Perhutani Kunjungi Wan Wisata yang Berada di KPH Bandung Utara

"Perhutanan Sosial dikelola oleh LMDH terkait fungsi pengelolaan ekonomi seimbang dengan pengelolaan ekosistem hutan, didalamnya ada fungsi pariwisata, pengelolaan kopi, madu hutan dll, dilaksanakan secara seimbang hal ini harus terus ditingkatkan," ujar Panggah Susanto, Legislator Partai Golkar Dapil VI Jateng.

Dari aspirasi yang diterimanya, masyarakat desa hutan meminta pendampingan dan bantuan, seperti konsultasi pengelolaan pariwisata, serta bagaimana pengelolaan hasil komoditi kopi diolah lebih lanjut, atau madu hutan harus didampingi bagaimana nilai ekonominya bisa ditingkatkan.

"Komisi IV DPR RI, mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian LHK terkait anggaran untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa hutan, seperti pengadaan mesin pengelolaan kopi hingga bisa di jual dengan nilai ekonomis yang tinggi," ujarnya.

Baca Juga: Tegalluar Lokasi Paling Potensial

Sementara, Plt. Administratur KPH Bandung Utara Dadan Wachju Wardhana mengapresiasi kehadiran DPR RI dan perwakilan dari Kementerian LHK yaybisa memberikan arahan kepada Perhutani dan masyarakat, dalam hal ini LMDH terkait pengelolaan Perhutanan Sosial (PS).

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Hari Ibu, PKS Jabar: Ibu adalah segalanya

Jumat, 23 Desember 2022 | 15:57 WIB
X