• Senin, 28 November 2022

Memperkenalkan Olahraga Futsal Sebagai Salah Satu Bentuk Upaya Pengembangan Motorik Tingkat Sekolah

- Senin, 22 Agustus 2022 | 17:10 WIB
Siswa SDN 01 Cempaka Baru melakukan pemanasan sebelum berolahraga  (Dok. Rizki Husin)
Siswa SDN 01 Cempaka Baru melakukan pemanasan sebelum berolahraga (Dok. Rizki Husin)

KHATULISTIWAUPDATE.COM - Jakarta - Perkembangan motorik, oleh sebagian orang dianggap telah terjadi dalam diri seseorang apabila ia telah memperoleh kemampuan dan keterampilan yang melibatkan penggunaan tangan (seperti menggambar) dan tungkai (seperti berlari) secara baik dan benar.

Padahal, keterampilan motorik di dapat tidak cukup hanya dengan latihan dan praktik, tetapi juga memerlukan kegiatan perceptual learning (belajar berdasarkan pengamatan) dan sensory-motor learning (belajar keterampilan inderawi-jasmani).

Salah satu upaya untuk mengembangkan motorik untuk anak Sekolah Dasar, Kelompok 141 KKN UPI melaksanakan program kerja mengenai Desa Peduli Pendidikan (Pendidikan Sepanjang Hayat) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.

Baca Juga: Lucunya Anak Anak Usia Dini Saat Tampil di Acara HUT Kemerdekaan RI ke 77, Ada Yang Diam Hingga Makan Es Krim

Program kerja ini dilaksanakan di SDN 01 Cempaka Baru yang bertempat di Jl. Cempaka Baru VII / 45, Cempaka Baru, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Pelaksanaan program kerja berlangsung selama 2 minggu, tepatnya mulai dari 25 Juli– 5 Agustus 2022. Muhammad Rizky Husin Bersama dengan kelompoknya mengajarkan siswa Sekolah Dasar untuk mengembangkan motoriknya melalui permainan Futsal, seperti memperkenalkan melakukan olahraga yang benar, memperkenalkan Teknik dasar Futsal, bermain kucing-kucingan dan lomba Menyusun cone agar menjadi lurus secara vertical atau Horizontal.

Siswa SDN 01 Cempaka Baru melakukan pemanasan sebelum berolahraga (Dok. Rizki Husin)

Program kerja di atas mengajarkan anak Sekolah Dasar di SDN 01 Cempaka Baru bagaimana berolahraga yang benar mulai dari pemanasan, olahraga inti sampai ke pendinginan setelah melakukan Gerakan inti.

Siswa SDN 01 Cempaka Baru melakukan olahraga bermain futsal (Dok. Rizki Husin )

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Jawa Barat Turunkan Relawan dan Dirikan Posko

Selasa, 22 November 2022 | 20:07 WIB

Gedung Bappelitbang Kota Bandung Terbakar

Senin, 7 November 2022 | 12:34 WIB

Dua Unit Minibus Tertimpa Longsor di Cadas Pangeran

Minggu, 30 Oktober 2022 | 08:40 WIB

Tegalluar Lokasi Paling Potensial

Jumat, 21 Oktober 2022 | 11:39 WIB
X