• Jumat, 7 Oktober 2022

Pengenalan dan Pendalaman Budaya Indonesia Lewat Lagu Nusantara dan Lagu Wajib Pada Murid SDN Cempaka Baru 01

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:24 WIB
Kelompok KKN 141 Universitas Pendidikan Indonesia saat memberikan pengenalan dan Pendalaman lagu Nusantara di SDN Cempaka Baru 01 (Dok. Dina Oktavianti )
Kelompok KKN 141 Universitas Pendidikan Indonesia saat memberikan pengenalan dan Pendalaman lagu Nusantara di SDN Cempaka Baru 01 (Dok. Dina Oktavianti )

KHATULISTIWAUPDATE.COM - JAKARTA. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik semester genap tahun akademik 2021/2022 yang dimulai pada 11 Juli 2022 lalu dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.

KKN Tematik pada tahun ini diikuti sebanyak 7.089 mahasiswa aktif yang terbagi menjadi 241 kelompok Mahasiswa yang sudah tersebar keseluruh daerah di Indonesia termasuk di DKI Jakarta seperti pada kelompok KKN UPI 141 yang telah melakukan KKN di Sekolah Dasar Negeri Cempaka Baru 01, Jakarta Pusat pada hari Kamis pagi (28/07/2022).

Pada pelakasanaanya, Mahasiswa kelompok 141 membuat program atau kegiatan yang memiliki dasar edukatif serta menyenangkan bagi murid sekolah dasar.

Baca Juga: Programnya Banyak Sejahterakan Emak-Emak Jadi Alasan Ratusan Emak di Jawa Barat Doakan Ganjar Jadi Presiden

Kegiatan yang dilakukan, yaitu belajar mengenal budaya Indonesia melalui lagu-lagu Nusantara serta Lagu Wajib dengan cara menyanyikan Bersama di ruang kelas.

Kegiatan ini mendapat respon baik dari pihak sekolah yang melihat kegiatan ini sangat positif dan membantu proses belajar murid dan tugas guru, terlihat dari antusias murid dalam menyambut dan mengikuti pembelajaran yang dilakukan mahasiswa di dalam kelas dengan rasa Bahagia saat menyanyikan berbagai lagu nusantara dan lagu wajib Indonesia.

Melihat respon guru wali kelas 2 mengenai program kerja yang dilaksanakan oleh Dina Oktavianti mahasiswa Manajemen Industri Katering UPI Angkatan 2019 bahwa tujuan dari program atau kegiatan kerja ini adalah agar murid mengetahui lagu nusantara dan menanamkan rasa nasionalisme murid dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia.

Baca Juga: Sembilan Tahun Berjalan SSB Nias KBB Makin Berprestasi

“ Saya sangat berharap dengan program / kegiatan kerja ini murid bisa mengenal serta melestarikan budaya Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan dengan menyanyikan lagu nusantara dan lagu wajib Indonesia”. Ujar Dina

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X