• Jumat, 7 Oktober 2022

Kreativitas Anak Usia Dini di Era Digital

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:19 WIB
Mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sedang memberikan pembelajaran kepada murid TK Iswanus Shafa  (Nusayba Abdul Wahid )
Mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sedang memberikan pembelajaran kepada murid TK Iswanus Shafa (Nusayba Abdul Wahid )

KHATULISTIWAUPDATE.COM - Jakarta, - Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat anak usia dini tidak luput dari penggunaan perangkat digital. Mulai dari menonton video di youtube hingga bermain game online.

Hal tersebut sangat melekat dengan aktivitas sehari-hari anak usia dini. Maka dari itu, perlu pengawasan yang ketat dari orang tua anak-anak usia dini.

Tanpa pengawasan tersebut, teknologi yang membawa banyak manfaat dapat menjadi dampak yang negatif bagi anak-anak usia dini.

Dampak negatif tersebut dapat berupa kecanduan, gangguan penglihatan dan dapat mengurangi kreativitas anak tersebut.

Baca Juga: Kalangan Pesantren dan Ribuan Santri Majalengka Pilih Ganjar Presiden 2024

Untuk mengasah kreativitas yang dimiliki anak-anak usia dini, kelompok KKN UPI 141 melaksanakan program kerja mengenai Desa Peduli Pendidikan (Pendidikan Sepanjang Hayat) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”. Program kerja ini dilaksanakan di TK Islam Ikhwanus Shafa yang berlokasi di Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta timur, DKI Jakarta.

Dalam pelaksanaan program kerja KKN Rabu, 4 Agustus 2022. Annisa dan tim mengajarkan peserta didik TK Islam Ikhwanus Shafa bermain sambil berkreasi dengan media pembelajaran kolase origami.

Siswa diberikan perlengkapan kegiatan seperti, sketsa gambar, potongan origami, dan lem. Kemudian, siswa diarahkan untuk menempelkan potongan origami ke dalam sketsa gambar.

Baca Juga: Programnya Banyak Sejahterakan Emak-Emak Jadi Alasan Ratusan Emak di Jawa Barat Doakan Ganjar Jadi Presiden

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X