• Senin, 28 November 2022

Melatih Perkembangan Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Membuat Bakpao

- Selasa, 26 Juli 2022 | 00:18 WIB
Seorang mahasiswa KKN UPI Kelompok 141 sedang memberikan pelajaran membuat Bakpao kepada siswa berkebutuhan khusus SDN 07 Semper Barat Jakarta Utara   (Farel - Khatulistiwaupdate.com )
Seorang mahasiswa KKN UPI Kelompok 141 sedang memberikan pelajaran membuat Bakpao kepada siswa berkebutuhan khusus SDN 07 Semper Barat Jakarta Utara (Farel - Khatulistiwaupdate.com )

KHATULISTIWAUPDATE.COM - JAKARTA. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah membuka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik semester genap tahun akademik 2021/2022 yang dimulai pada 11 Juli 2022 lalu dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)".

Pelaksanaan KKN Tematik tahun ini diikuti sebanyak 7.089 Mahasiswa yang terbagi menjadi 241 kelompok Mahasiswa dan sudah tersebar ke seluruh daerah di Indonesia termasuk di DKI Jakarta seperti pada salah satu kelompok KKN UPI 141 yang melakukan KKN hari pertama di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Semper Barat, Jakarta Utara senin pagi (25/07/2022).

Dalam pelaksanaan KKN, Mahasiswa Kelompok 141 membuat program kerja unik, yaitu membuat dan menghias makanan ‘bakpao’ bersama siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang dalam proses pembuatanya, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) diperkenalkan dengan bahan-bahan pembuatan serta dituntun untuk dapat mengolah adonan dengan baik dan benar.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Hidup Ini Mengaku Senang jika Bibit yang Ditanam Dicuri Orang

Setelah bakpao jadi, siswa berkebutuhan khusus juga akan didampingi untuk menghias dengan buttercream berwarna agar bakpao terlihat lebih indah. Selain membuat bakpao, program kerja ini diisi juga dengan games agar anak-anak merasa tidak jenuh dan bosan sembari menunggu adonan bakpao yang sedang dikukus.

Antusias. Seorang mahasiswa KKN UPI sedang memberikan pelatihan kepada siswa SDN 07 SEMPER BARAT Jakarta Utara (Farel - Khatulistiwaupdate.com)

Program kerja ini disambut baik oleh pihak sekolah yang memiliki jargon “Sekolah Penggerak” ini juga mendapat senyuman hangat Anak-anak berkebutuhan khusus seperti salah satunya Davina siswa yang mengidap down syndrome terlihat antusias dalam menyambut kedatangan Mahasiswa KKN UPI dengan mimik wajah berseri dan juga di akhir ia merasa bangga dengan hasil bakpao buatanya sendiri.

Menurut penanggung jawab program kerja membuat bakpao ini, Shofa Mujahidah mahasiswa Manajemen Industri Katering UPI angkatan 2019 menjelaskan bahwa tujuan dari program kerja ini adalah agar siswa berkebutuhan khusus dapat memaksimalkan kemampuan kreativitas mereka dengan menghias bakpao.

Baca Juga: Dr Salim Kunjungi Pesantren Addahlaaniyah, Negara Harus Memberikan Kontribusi Kepada Pesantren

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Sumber: Farrel Fauzan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Jawa Barat Turunkan Relawan dan Dirikan Posko

Selasa, 22 November 2022 | 20:07 WIB

Gedung Bappelitbang Kota Bandung Terbakar

Senin, 7 November 2022 | 12:34 WIB

Dua Unit Minibus Tertimpa Longsor di Cadas Pangeran

Minggu, 30 Oktober 2022 | 08:40 WIB
X