• Senin, 27 Juni 2022

Ribuan Pemudik Sudah Melintasi Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah

- Sabtu, 30 April 2022 | 14:31 WIB
Ribuan Pemudik melintasi Jawa Barat dan Jawa Tengah (Khatulistiwaupdate.com)
Ribuan Pemudik melintasi Jawa Barat dan Jawa Tengah (Khatulistiwaupdate.com)

KHATULISTIWAUPDATE.COM - Suasana arus mudik lebaran H-3 terlihat mulai sakin padat. Ribuan kendaraan yang melintas di jalur lintas Selatan tepatnya kota Banjar semakin padat, pada Jumat (29/04/2022).

Kendaraan dari arah Barat menuju Jawa Tengah begitupun sebaliknya telah sudah mulai terlihat padat. Hal ini setelah sejumlah karyawan mulai libur lebaran.

Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Banjar, Endar Suhendar mengatakan, berdasarkan data pemantauan arus mudik Lebaran per tanggal 29 April di Pos Cijolang perbatasan Jabar-Jateng, volume kendaraan yang melintas mulai meningkat.

Baca Juga: Berikut Doa Perjalanan Mudik Lebaran yang Harus Diketahui

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) pihaknya telah melarang aktivitas kendaraan bermuatan besar non bahan pokok melintas di kawasan wisata mulai H-3 Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurut Emil, larangan truk besar ini diberlakukan untuk mengantisipasi potensi kemacetan di kawasan wisata Jabar. Hal itu dikarenakan kendaraan bermuatan besar kerap kali dinilai menjadi biang kerok kemacetan pada saat momen mudik Lebaran.

"Untuk di tempat wisata, kendaraan besar akan dilarang. Kecuali kendaraan sembako (masih diperbolehkan melintas) pada H-3," kata dia di Pos Pelayanan Terpadu GT Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: PKS Jabar Launching Posko Mudik Gratis Dr Salim di Jalur Mudik Nagreg

Selama arus mudik dan balik 2022, Pemprov Jabar dan Polda Jabar menyediakan 400 lebih posko mudik di sejumlah titik. Emil memastikan petugas gabungan akan terus siaga hingga arus balik Lebaran guna memperlancar kenyamanan warga saat mudik.

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X