• Selasa, 31 Januari 2023

Big Farmer, Etalase Desa Wisata Kertawangi di Kabupaten Bandung Barat

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:59 WIB
Big Farmer, konsep desa wisata yang diperkenalkan Steve Ewon di Desa Kertawangi  (Made)
Big Farmer, konsep desa wisata yang diperkenalkan Steve Ewon di Desa Kertawangi (Made)

KHATULISTIWAUPDATE.COM - CISARUA. Berada di kaki gunung Burangrang, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat memiliki segudang potensi dan daya tarik wisata yang patut diacungi jempol.

Dari potensi wisata yang ada tersebut, pantas saja Desa Kertawangi menyandang sebagai Desa Wisata.

Tercatat 19 program wisata telah disiapkan Desa Kertawangi yang dikemas menjadi produk Big Farmer, yaitu program pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang mayoritas para petani dan peternak.

Baca Juga: Pegiat Lingkungan Steve Ewon Dorong Pendidikan Lingkungan Hidup Diterapkan Sejak Dini

Adalah Steve Ewon, seorang pegiat lingkungan hidup, pencinta hewan liar dan YouTuber yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Kertawangi, merupakan penggagas atau konseptor Big Farmer, sebagai aktualisasi program Desa Wisata Kertawangi.

"Big farmer adalah sebuah etalase desa wisata Kertawangi yang kami gagas melalui proses kajian dari unit-unit potensi yang ada di Desa Kertawangi, Alhamdulillah implementasi Desa Wisata yang kami kemas menjadi Big Farmer," ungkap Yanto Bin Surya, nama lengkap Kepala Desa Kertawangi atau kerap dipanggil Kang Ewon, saat diwawancarai Kamis 20 Oktober 2022.

Menurut Kang Ewon, konsep Big Farmer dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian desa dalam menyikapi potensi wisata atau daya tarik wisata di wilayah masing-masing menjadi satu kesatuan yang terintegrasi.

Baca Juga: Steve Ewon Terima Penghargaan dari SMP Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat

"Konsep Big Farmer, selain ketersediaan wisata alam adalah bagaimana mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat desa Kertawangi, tercatat dalam program kami sebagai referensi untuk dikunjungi wisatawan ada peternakan kelinci, peternakan sapi, domba, perkebunan anggur, bunga, jeruk, strawberry serta aneka ragam buah-buahan yang dikelola masyarakat desa, kami tawarkan kepada wisatawan dalam sebuah kemasan produk wisata, yaitu berupa edukasi dan hasil bumi yang memiliki nilai tambah," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambut Libur Lebaran, PAL 16 Punya Wajah Baru

Minggu, 8 Mei 2022 | 11:34 WIB
X