• Senin, 28 November 2022

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Pariwisata, Perhutani Dorong Pemda Perbaiki Jalan di Cisarua

- Minggu, 8 Mei 2022 | 20:33 WIB
Sejumlah pengunjung di objek wisata Curug Pelangi, Desa Kertawangi Kabupaten Bandung Barat (Uwo - Khatulistiwaupdate.com)
Sejumlah pengunjung di objek wisata Curug Pelangi, Desa Kertawangi Kabupaten Bandung Barat (Uwo - Khatulistiwaupdate.com)

KHATULISTIWAUPDATE.COM - Antusias wisatawan saat libur lebaran tahun 2022 menjadi awal kebangkitan pertumbuhan ekonomi masyarakat di setiap lokasi wisata.

Hal ini diungkapkan para pelaku bisnis usaha wisata termasuk Perhutani KPH Bandung Utara yang memiliki 33 lokasi wisata alam yang dikerjasamakan dengan masyarakat baik LMDH maupun Kelompok masyarakat.

"Meskipun libur Lebaran tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, paling tidak menjadi barometer awal pasca pandemi tahun ini," ujar KSS Kompers Hukum dan Kepatuhan Perhutani KPH Bandung Utara Endan Cahyadi saat ditemui di objek wisata Curug Pelangi, Minggu 8 Mei 2022.

Baca Juga: Sambut Antusias Pengunjung Wisata GBM, Perhutani KPH Bandung Utara Bersinergi dengan Sejumlah Puhak

Endan menambahkan, berdasarkan data yang diperoleh, wisatawan khususnya yang mengunjungi Curug Pelangi pada saat libur lebaran ini mengalami kenaikan sekitar 20 persen dari hari-hari biasanya sebelum libur panjang lebaran.

"Memang ada kenaikan pada saat liburan lebaran ini, tetapi tidak terlalu mengalami lonjakan pengunjung yang tinggi. Berdasarkan data, tercatat saat hari H (Dua hari Idul Fitri red.) lebih dari 700 pengunjung namun tren nya kembali menurun di angka 350 pengunjung saja hampir kembali normal seperti saat weekend sebelum liburan," imbuhnya.

Menurutnya, untuk objek-objek wisata di kecamatan Cisarua-Parongpong secara umum memang menemui sejumlah kendala, diantaranya adalah terbatasnya pengunjung akibat adanya longsor di jalan Kolonel Masturi yang belum diperbaiki.

Baca Juga: Sambut Libur Lebaran, PAL 16 Punya Wajah Baru

"Saya kira pengaruh dari aksesibilitas jalan yang menghubungkan antara Cisarua dan Parongpong sehingga kendaraan besar seperti bus yang biasanya masuk, saat ini tidak bisa melintasi akibat longsor yang memakan bahu jalan di sekitar kawasan objek wisata Curug Pelangi, hal ini tentu berdampak pada berkurangnya penjualan paket wisata melalui biro perjalanan wisata," kata Endan.

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambut Libur Lebaran, PAL 16 Punya Wajah Baru

Minggu, 8 Mei 2022 | 11:34 WIB
X