• Senin, 28 November 2022

Jaga Ekosistem Hutan, Ekowisata Giri Bambu Siap Jadi Contoh Perhutanan Sosial

- Minggu, 30 Januari 2022 | 13:12 WIB
Ekotourism Giri Bambu Cikole, Lembang. (Dok. Khatulistiwaupdate.com)
Ekotourism Giri Bambu Cikole, Lembang. (Dok. Khatulistiwaupdate.com)

KHATULISTIWAUPDATE.COM - Kawasan wisata Cikole menjadi primadona para wisatawan. Berada di Bandung Utara diatas ketinggian 1400 mdpl, saat ini kawasan hutan pinus Cikole dijadikan kawasan klaster wisata.

Sejumlah program dengan melibatkan masyarakat desa hutan, Perhutani selaku penanggung jawab pangkuan hutan mengajak masyarakat untuk berkolaborasi memanfaatkan kawasan hutan dengan tujuan kesejahteraan.

Seperti diketahui, pemanfaatan kawasan hutan adalah kegiatan untuk memanfaatkan ruang agar bisa tumbuh sehingga diperoleh manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi secara optimal dengan tidak mengurangi fungsi utamanya.

Baca Juga: Siswa Terpapar Covid-19, PTM Sebuah Sekolah di Bandung Dihentikan

Hal ini disampaikan Wakil Administratur KPH Bandung Utara H. Diki saat berkunjung ke Giri Bambu, Jumat 28 Januari 2022.

Ia mengatakan, kegiatan pemanfaatan hutan ini dapat dilakukan di kawasan melalui pemanfaatan jasling (jasa lingkungan), yaitu kegiatan untuk memanfaatkan potensi jasling dengan tidak merusak lingkungan dan mengurangi fungsi utamanya.

"Seperti salah satu kegiatan yang Perhutani laksanakan yaitu membuka kesempatan kepada masyarakat desa hutan untuk bekerjasama dalam pemanfaatan kawasan hutan dan jasa lingkungan, melalui aktivitas wisata dengan merangkul LMDH Giri Makmur bersama Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Giri Bambu berkomitmen bersama dalam menjaga fungsi kawasan hutan yang dimanfaatkan untuk usaha wisata," ujar H. Diki saat ditemui di Giri Bambu.

Baca Juga: Program TV Desa Ciptakan Masyarakat Desa Cerdas Bermedia

Ia menambahkan, dalam pemanfaatan jasa lingkungan seperti yang dilakukan KUPS Giri Bambu, selain tidak merusak tetapi juga harus menjaga ekosistem sekitarnya, bisa melalui penanaman pohon sebagai bagian dari edukasi wisata kepada para pengunjungnya.

Halaman:

Editor: Unggung Rispurwo Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambut Libur Lebaran, PAL 16 Punya Wajah Baru

Minggu, 8 Mei 2022 | 11:34 WIB
X